Konspirasi batin Minggu Adven III, 16 Desember 2018 "Bahagia dan Cukup"


Minggu Adven ketiga adalah minggu Gaudete, di mana kamu diajak bersukacita menyongsong kelahiran Sang Penebus. Seringkali kamu berpikir terbalik, bahwa ketika segala kebutuhanmu sudah tercukupi, kamu baru bisa bersukacita. Nyatanya, Yohanes Pembaptis dan bacaan-bacaan hari ini mengingatkanmu bahwa kalau hatimu dipenuhi sukacita, maka hidupmu akan terasa cukup.

Yohanes memintamu untuk setia pada pekerjaanmu, cukup dan bersyukur dengan rezekimu, sehingga tidak perlu berbuat dosa demi memburu rezeki berlebih. Bukankah menggadaikan iman dan hati nurani demi rezeki atau kedudukan adalah tanda orang yang tidak bersyukur dan tidak bahagia?

Maka, jalani peranmu sehari-hari pada masa Adven ini dengan sukacita. Kalau kamu karyawan, jangan korupsi. Kalau berdagang, jangan ngapusi. Kalau berkarya, jangan plagiasi. Kalau kerja sosial, jangan buat cari nasi. Kalau melayani Gereja, jangan cari sensasi. Bersukacitalah dalam pekerjaan dan pelayananmu, maka apa yang kamu terima akan terasa sudah cukup.

"Lho, ini kan demi membiayai keluargaku? Demi jaminan masa depanku? Boleh dong aku pakai cara apa saja -sebusuk apapun- demi tujuan mulia itu? Lagipula, kamu siapa? Kamu nggak ngasih makan keluargaku kan?"

Yaa... sekadar mengingatkan saja.

Pages