St PERAWAN MARIA TAK BERNODA JONGKANG LAMA


LINGKUNGAN SANTA PERAWAN MARIA TAK BERNODA JONGKANG LAMA
WILAYAH UTARA
PAROKI SANTO ALFONSUS NANDAN YOGYAKARTA



Lingkungan Santa Perawan Maria Tak Bernoda Jongkang lama yang biasanya akrab disebut Jola ini terletak dibagian utara Lingkar Utara Kota Jogja (Ring Road Utara). Sesuai namanya, daerahnya disebut Jongkang. Saat ini, ketua lingungan Jola adalah Bapak Andreas Andri Prasetyo. Batas-batas wilayahnya dapat ilihat pada denah lingkungan, dengan jumlah umat Katolik sebanyak   +/- 104 orang     ( 36 KK ).


Santa Perawan Maria Tak Bernoda dipilih sebagai pelindung lingkungan dikarenakan sosoknya yang murni. Merujuk pada hati fisik Bunda Maria sebagai sebuah lambang kehidupan pribadi Sang Perawan Suci Maria, kebahagiaan dan kesedihannya, kebijaksanaan dan kesempurnaannya yang tersembunyi, dan, di atas semuanya itu, cinta murninya pada Allah Bapa, cinta keibuannya kepada putranya, Yesus, dan cintanya yang mendalam kepada semua orang. Perhatian pada kehidupan pribadi Maria dan kecantikan jiwanya, tanpa perhatian pada hati fisiknya.
(https://id.wikipedia.org/wiki/Hati_Maria_Tak_Bernoda)


Lingkungan Jongkang Lama merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 8 Desember, pada saat Hari Raya Santa Perawan Maria Tak Bernoda. Pada perayaan tersebut, kita secara khusus melihat dan merefleksikan iman kepada teladan kekudusan Maria, yang secara unik “telah dipilih sebelum dunia dijadikan, supaya kudus dan tak bercacat di hadapan Allah” (lihat Ef 1:4). Dijaga dari ‘cipratan’ noda dosa asal, Maria secara khusus terbuka bagi Roh Kudus. Kata-katanya: “Jadilah padaku menurut perkataanmu itu” (Luk 1:38), merepresentasikan suatu pengudusan yang mendalam yang tidak pernah diingkarinya, melainkan hanya diperdalam dan diperdalam lagi sepanjang hidupnya.


Belajar dari teladan Ibu Maria, semoga kita masing-masing berani membuka diri untuk kehadiran Roh Kudus supaya menyingkirkan segala penghalang yang akan merintangi tindakan-tindakan-Nya dalam hidup kita.

Marilah kita memberi tanggapan berupa “ya” secara mantap, seperti yang telah dilakukan oleh Maria dengan “fiat”-nya, agar dengan demikian kita mengenal dan mengalami berkat-berkat Allah. Allah terus memperbaharui segenap ciptaan, demikian pula Dia ingin memperbaharui diri kita masing-masing.
(https://catatanseorangofs.wordpress.com/2010/12/08/)


DAFTAR NAMA KK WARGA LINGKUNGAN
ST. PERAWAN MARIA TAK BERNODA, JONGKANG LAMA

NONAMA KEPALA KELUARGAJUMLAH  ANGGOTA KELUARGA
1ALB. ARIYANTO3
2B. ENARYONO4
3IG. PARJONO3
4MEIWANTO3
5IRIYANTO1
6HERBENUE4
7Y. SUNARDI2
8IBU SHERLY ( TOKO SUN PRIMA )5
9IBU SURTITI1
10HENGKI HIBONO ( TOKO MAJU JAYA )5
11ANDRE ( TOKO BERKAH MEBEL )4
12IBU SUPRAPTO1
13BAMBANG SETIONO ( TOKO BOLU KIDANG )2
14DR. ESTHA - PRABOWO2
15IBU BERTHA4
16FX. PURWOTO2
17IBU GRIYANTI1
18MULADI2
19TJATUR WIDIATMOKO3
20IBU PAYUNG TASIK2
21RC. SUGENG HARSONO2
22ROBERTH5
23ANANTA4
24TUPARMAN1
25PAULUS SURYADI4
26TH. AQUINO SUPROBO4
27ANDREAS SUKAMTO5
28NGATIMO4
29YS. SOEGITO2
30NANIK PARAISU2
31PAULUS SANTOSA - ARI2
32A. ANDRI PRASETYO5
33IBU RIYADI1
34YB. YURAHMAN4
35T. HARYONO2
36ABNER FRITZ WASOFA,3
  TOTAL104
Kegiatan Lingkungan klik disini

Pages