St ANTONIUS PADUA TEGALWARAS


A. Biji Gandum Jatuh 60 Tahun Yang Lalu
Awal mula Lingkungan St. Antonius Padua Tegalwaras tidak lepas dari kisah seorang pemuda yang pertama kali dipermandikan dari Dusun Tegalwaras. Pemuda itu bernama Sayom Darsono yang kemudian memiliki nama lengkap Antonius Sayom Darsono yang dipermandikan di Gereja Kalasan tahun 1955. Permandian itu kemudian menarik beberapa pemuda saat itu untuk ikut dipermandikan, beberapa diantaranya adalah Yohanes Sugiyo, Leonardus Sarjimin, Ngadrin, dan Mujimin.

Beberapa Romo yang berjasa dalam pengembangan Umat Lingkungan Tegalwaras pada saat itu seperti Romo Wignya Martoyo,Pr., Romo Magunwijoyo, Pr. Romo Willy Wagner,CSsR dan Romo-romo lain. Tidak kalah pentingnya pada saat itu banyak rasul-rasul awam yang merawat iman umat terutama bagi para anak-anak adalah Bpk. Krisdiharjo, Bpk. Ponijo, Bpk. Wintolo, Ibu Lukito, Mbak Sutiyem, Pak Kismo, Pak Unyung Sunaryo, Pak Sugiyo dan lain-lain.

Pada awalnya umat Katolik hanya terkonsentrasi di Dusun Tegalwaras dan Tegalsari, namun pada tahun 1980-an banyak masuk keluarga-keluarga Katolik dari Paroki Lain yang bermukim di lingkungan ini terutama umat yang saat ini tinggal di Dusun Jatirejo, Dusun Radugowang, dan Perum Paradise.

B. Visi dan Misi

1. Visi
Menjadi lingkungan yang guyub, rukun, damai, maju, dansejahtera.



2. Misi
a. Membangun Persekutuan (Koinonia)berdasarkan iman dan cinta kasih serta kesediaan untuk saling mengembangkan pribadi satu sama lain.
b. Melayani kebutuhanakansakramen-sakramen (Leiturgia) dan kebutuhan-kebutuhan rohaniah lainnya.
c. Mewartakan Injil (Kerygma).
d. Berusaha melayani sesama (Diakonia)


C. Santo Pelindung
Santo Pelindung Lingkungan Tegalwaras adalah Santo Antonius Padua. Nama ini dipilih karena sesuai dengan nama permandian umat pertama yang dipermandikan di Lingkungan Tegalwaras.

Antonius dilahirkan pada tahun 1195 di Lisbon, Sepanyol dengan nama Fernandez. Ia adalah putera tunggal pasangan Martin dan Maria Bulhom, keluarga terpandang di kotanya. Fernando seorang anak yang cerdas, hatinya lurus tetapi keras.Orangtuanya sangat ingin agar kelak anaknya menjadi orang terkenal. Pada usia 11 tahun kedua orangtuanya meninggal dunia sehingga Fernando menjadi yatim piatu. Ia diasuh oleh pamannya yang sangat memanjakannya.

Ia adalah pemuda yang memiliki otak encer dan rajin membaca. Suatu hari Ia mendengar kabar bahwa ada lima rahib Fransiskan dibunuh karena imannya di Afrika. Tiba-tiba ia bangkit. Buku yang tengah dipelajari itu ditutup seraya berkata kepada diri sendiri: “ Teman-temanku telah mati demi Tuhan. Apakah aku akan duduk-duduk terus mempelajari buku?”

Antonius begitu bersemangat dalam mewartakan Injil, sehingga ia sering lupa makan dan kurang istirahat. Karena itu ia jatuh sakit dan meninggal dunia di Arcella, dekat Padua, pada tanggal 13 Juni 1231, dalam usia 36 tahun. Jenazahnya disemayamkan di gereja Santa Perawan Maria di Padua. Setahun kemudian, ia dimaklumkan sebagai santo oleh Paus Gregorius IX. Pesta St. Antonius dirayakan tanggal 13 Juni.

Mengapa St. Antonius dimohon pertolongannya menemukan barang-barang yang hilang?St Antonius dari Padua, santo pelindung barang-barang yang hilang atau dicuri.Santo Antonius diangkat menjadi santo pelindung barang-barang yang hilang atau pun dicuri karena pengalaman hidupnya.

St. Antonius mempunyai sebuah buku Mazmur yang sangat berarti baginya. Dalam buku Mazmurnya itulah ia mencoretkan catatan-catatan atau komentar-komentar yang dipergunakannya untuk mengajar murid-muridnya di Ordo Fransiskus. Seorang novis (yaitu seorang biarawan yang sedang menjalani masa percobaan) mulai bosan dengan kehidupan religius biara, karenanya ia memutuskan untuk melarikan diri. Ia pergi dengan membawa serta buku Mazmur St. Antonius.

Ketika St. Antonius menyadari bahwa bukunya telah hilang, ia menjadi sangat sedih. St. Antonius berdoa dengan sangat agar buku Mazmurnya segera diketemukan atau dikembalikan kepadanya. Tuhan menjawab doa St. Antonius. Novis yang telah mencuri bukunya itu merasa tidak tenang jiwanya, sehingga akhirnya ia mengembalikan buku Mazmur itu kepada St. Antonius. St. Antonius memaafkan segala perbuatannya.Novis itu bahkan diterima kembali di biara.

D. Gambaran Warga Lingkungan
1. GambaranAnak-anak, Remaja, dan Pemuda (belum menikah)
No.KeteranganJumlah
1.Balita10
2.TK5
3.SD9
4.SMP9
5.SMA5
6.Perguruan Tinggi16
7.Bekerja5
8.Mencari Pekerjaan1

2. Gambaran Profesi Orang Tua
No.Jenis UsahaNama
1.Usaha Warung Makan/ Rumah MakanBpk/Ibu Sugito, Bpk/Ibu Sugiyo, Bpk/Ibu Widarto, Bpk/Ibu Agus Pelem Golek
2.Usaha Ketering/SnackIbu Petrus,
3.Tukang Kayu/BatuBpk Tri Raharjono,
4.Usaha Toko/WarungBpk/Ibu Herianto,
5.DokterPak Triharnoto, Ibu Gandes Triharnoto, Ibu Puspitawati Wahono
6.PerawatIbu Titi Mulyono,
7.GuruIbu Yulia Tri Utari, Ibu Maria Imakulata Sri Rahayu, Ibu Titi Murwani, Bpk. Bayu Kurdiantoro
8.DosenBpk B. Hidayat, Ibu Ninung Hidayat, Ibu Kritina Fitri, BpkY. Harsoyo, Bpk Edy Suhartanto, Ibu Neni Andayani Purnomoharto, Ibu Jenjang
9.Karyawan Perusahaan, Rumah Sakit, dllIbu Darmi Mintonugroho, Bpk Juan Kean, Bpk Mintonugroho, Bpk Mulyono, Ibu Dewi Yulianti, Bpk Heri Suparmanto
10.Asuransi, BankirBpk Wisnumurti, Ibu Dewa Anggito, Bpk Hadi Sutrisnanto
11.Bengkel LasToni Utama
12.PensiunanBpk Darsono, Bpk Djemirin, Bpk Agus Trisuko, Ibu Yulianto, Ibu Naomi Agus Trisuko, Bpk Noro Kunto
13.Wirausaha Jamu/KosmetikBpk/Ibu Robertus Setiyanto, Ibu Edy Marzuki,

3. Warga Lingkungan Yang Pernah Masuk Seminari/Biarawan/Biarawati
No.NamaKeterangan
1.F. WahonoMantan Pastor Yesuit
2.Hadi SutrisnantoMantan Seminaris
3.Edy HartantoLulusan Seminari Mertoyudhan


E. Wilayah
Wilayah Lingkungan tegalwaras terdiri dari 6 blok yaitu:
1. Dusun Tegalwaras
2. Dusun Tegalsari
3. Dusun Jatirejo
4. Dusun Radugowang Kidul
5. Perum Paradise
6. Perum Hyarta

F. Hut dan Pesta Nama
1. Hut Lingkungan 15 April dipilih karena pada tanggal inilah umat Katolik pertama dipermandikan.
2. Pesta Nama Santo Antonius Padua 13 Juni.



G. Kegiatan
1. Latihan Koor Lingkungan
2. Sarsehan Bulan Kitab Suci
3. Ibodat Rosario Bulan Mei
4. Ibadat Rosario Bulan Oktober
5. Ibadat/ Sarasehan Adven
6. Ibadat/ Sarasehan APP
7. Perayaan Natal Lingkungan
8. Ziarah
9. Arisan Ibu-Ibu
10. Slawatan Katolik
11. LittleJC (Paud Bahasa Inggris)
12. Publikasi/Leaflet/Handout
13. Pangruktiloyo
14. Kerajinan Tangan (Clay, Boneka, Kawat)

Pages