St ANNA JONGKANG BARU

Lingkungan Santa Anna Jongkang Baru

“Bertekun dalam doa, mengasihi, melayani dan memuliakan Allah”



Santa Anna adalah isteri Santo Yoakim dan ibu kandung dari Maria Bunda Yesus.
Keluarga ini dikenal sebagai keturunan raja Daud yang setia menjalankan kewajiban agamanya serta dengan ikhlas mengasihi dan mengabdi Allah dan sesamanya.


Oleh karena itu keduanya layak di hadapan Allah turut serta dalam karya keselamatan Allah. Santa Anna dihormati sebagai pelindung kaum ibu, khususnya yang sedang hamil dan sibuk mengurus keluarganya.

Santa Anna tak henti-hentinya berdoa memohon dan mengharapkan karunia Tuhan berupa seorang anak. Setiap tahun Anna dan Yohakim selalu berziarah ke Bait Allah Yerusalem untuk berdoa. Ia berjanji, kalau Tuhan menganugerahkan anak kepadanya, maka anak itu akan dipersembahkan kembali kepada Tuhan.
Suatu hari malaikat Tuhan mengunjungi Anna yang sudah lanjut usia itu membawa warta gembira : ”Tuhan berkenan mendengarkan doa ibu bahwa ibu akan melahirkan seorang anak perempuan, yang akan membawa sukacita besar bagi seluruh dunia”
Setelah genap waktunya, lahirlah seorang anak wanita yang manis. Bayi ini diberi nama Maria, yang kelak akan mengandung putera Allah, Yesus Kristus, Juru Selamat Dunia. Bagi Anna, Maria lebih merupakan buah rahmat Allah daripada buah kodrat manusia.  Kelahiran Maria menyemarakkan dan menyucikan kehidupan keluarganya

Umat Lingk. St. Anna Jongkang Baru yang masuk wilayah utara, ingin meneladani St. Anna dalam ketaatan, cinta kasih, kesetiaan, kesabaran, pengabdian, ketekunan doa dan menularkan suka cita kepada sesama. Itulah mengapa St. Anna dipilih sebagai Santa pelindung lingkungan Jongkang Baru (JOBA), selain nama St. Anna singkat sehingga mudah diingat, juga karena Lingk.. Joba sangat menghormati Bunda Maria.


LETAK GEOGRAFIS
Lingk. St. Anna terletak di utara Monumen Yogya Kembali, dan masuk dalam wilayah St. Yoseph Utara. Jumlah KK Ada + 33 kk, terdiri dari :

  • Dusun Perum Jongkang Baru + 23 kk
  • Dusun Sedan + 5 kk
  • Dusun Plemburan +4 kk
  • Dusun Tegal Mojo + 1 kk
Mayoritas pekerjaan umat lingk. St. Anna Joba adalah PNS . Data Umat menunjukkan bahwa dari 33 kk tersebut terdiri dari 57 ortu, 10 anak-anak, 9 remaja, dan 15 OMK( sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswa.) 7 kk di lingk. St. Anna Joba secara domisili tinggal di luar lingk. St. Anna Joba, namun masih ikut aktif berpartisipasi dalam kegiatan di Lingk. St. Anna Joba. Hal tersebut menunjukkan, betapa erat persaudaraan kami, sebagai saudara seiman.

VISI
Bertekun dalam doa dan memuliakan Tuhan, dalam setiap pelayanan kasih.

MISI
  • Menumbuhkembangkan iman anak-anak melalui kegiatan gereja
  • Mendorong dan mendampingi kaum muda untuk terlibat dalam kegiatan iman.
  • Meningkatkan iman melalui kegiatan gereja seperti pendalaman kitab suci minimal sebulan sekali.
  • Aktif dan terlibat dalam kegiatan di paroki
  • Bersinergi dengan masyarakat dilingkungan secara umum. ( termasuk dengan beda agama)

KEGIATAN –KEGIATAN
1. Pertemuan pengurus

Diadakan sebulan sekali, setiap malam Jumat I, bila tidak ada kegiatan dilingkungan.
2. Misa Lingkungan
Misa lingkungan diadakan sesuai dengan jadwal dari Paroki. Sebelum Misa, biasanya diadakan kunjungan Romo ke umat, secara bergantian. Dalam kunjungan tersebut, Romo didampingi oleh pengurus.
3. Ibadat Tobat
Biasanya Ibadat Tobat diadakan sebelum Paskah dan Natal, sesuai jadwal dari Paroki.
4. Doa Rosario
Diadakan setiap bulan Mei dan Oktober. Khusus doa Rosario, umat lingk. St. Anna Joba sepakat utk tidak menyediakan makan atau minum, supaya tidak memberatkan umat, yang rumahnya dipakai utk doa Rosario. Doa Rosario diadakan 4x dalam seminggu. Pemandu dan tempat doa Rosario dijadwalkan secara bergantian, termasuk melibatkan OMK untuk memandu doa Rosario. Biasanya di hari terakhir doa Rosario diadakan Ziarah ke Gua Maria, atau ditutup dengan doa syukur meriah ( dengan ibadat dan makan bersama). Pada hari terakhir doa, pengurus memberikan hadiah bagi umat yang rajin berdoa Rosario di lingk,yang tidak pernah absen(berangkat terus). Hal demikian untuk memotivasi umat supaya rajin berdoa. Namun hal tersebut dilakukan pada kepengurusan periode sebelumnya, dan semoga bisa dilanjutkan pada kepengurusan periode sekarang.
5. Sembahyangan APP
Diadakan seminggu sekali, biasanya dihadiri bapak/ibu dan beberapa OMK, umat yang datang lebih sedikit daripada saat doa Rosario.
6. Latihan Koor
Biasanya diadakan 2x dalam seminggu, setiap akan bertugas di Gereja. Karena umat yang datang sedikit, maka umat lingk. St. Anna Jongkang Baru bergabung dengan umat lingk. St. Perawan Maria Tak bercela Jongkang Lama. ( Umat dilingk. Jongkang lama juga sedikit yang datang latihan koor)
7. Parkir
Parkir di Gereja dilakukan sesuai jadwal dari Paroki. Umat yang terlibat terdiri dari anak-anak, remaja. OMK, Bpk/Ibu. Sesuai inisiatif dari pengurus, khususnya ibu-ibu, setiap tugas parkir diberikan minum dan snack dari donator lingk. maupun diambil dari uang kas lingk.
8. Mengunjungi Orang Sakit
Apabila ada umat atau keluarga umat yang sakit, umat bersama-sama mengunjungi dan mendoakanyang sakit, dan memberikan tali kasih berupa bingkisan/uang hasil iuran umat yang datang, sebagai wujud nyata persaudaraan dan kasih antara sesama.
9. Melayat Orang meninggal
Dilakukan secara bersama-sama seperti mengunjungi orang sakit.
10. Arisan ibu-ibu lingkungan
Arisan tersebut diadakan sebulan sekali. Diawali dengan pendalaman iman, dilanjutkan dengan arisan dan membahas kegiatan-kegiatan lainnya.
11. Baksos ( Bakti Sosial )
12. Kunjungan/Anjangsana/Outbound /Rekreasi


SUSUNAN PENGURUS PERIODE 2014-2017
Ketua : L. H. Hari Wardana


Sekretaris I : Y. Haryadi
Sekretaris II : Ag. Suherni


Bendahara I : Y. Dwi Hatmini
Bendahara II : I. Dyah K

Tim Liturgi :
Regina Tjiptoningrum
Y.B. Hendar Klestono

Tim Kerja Pewartaan :
Y. B. Harsono
O. S. Imam

Tim Koor :
R. Kriswandari
Ch. Heni T.

Tim Pendampingan OMK :
A.L. Heru S.
Y. Rudjianto

Tim Sosial dan Pendampingan Keluarga :
M.L. Sofiatmi Seto
I.M. Sunarsih Sutaryo

Tim RPL :
P.C. Mudjiran
Ag. Minuk W.
R. Rusmini

Humas : Y. Suhadi
Ketua RWK : B. Dwi Lestari Teguh
Sekretaris RWK : M. Rulia Togatorop
Bendahara RWK : V. Sumaryati

Pages